Selasa, 27 Desember 2011

Keutamaan Membaca Al Qur'an di Masjid

Telah dijelaskan sebelumnya tentang keutamaan membaca alqur-an secara umum, di manapun alqur-an itu dibaca, selama tempatnya adalah tempat yang baik.
Namun apabila alqur-an itu dipelajari, diajarkan atau dibaca di dalam masjid, maka nilainya menjadi lebih utama dan lebih baik lagi. Dari Uqbah bin Amir katanya : "Rosulullah keluar dari rumahnya sedangkan kami berada di beranda masjid. beliau berkata: siapa di antara kalian yang ingin setiap hari pergi ke Bathan (sebuah lembah) atau ke Akik, lalu di sana dia dapat mengambil dua ekor unta yang besar-besar yang (halal) tidak berdosa dan tidak memutus silaturahim? Sahabat semuanya menjawab: kami menginginkannya ya Rosulullah. Beliau bersabda: apakah kalian tidak mau berangkat ke masjid lalu mempelajari atau membaca dua ayat alqur-an, nilainya lebih baik dari pada dua unta, tiga ayat nilainya lebih baik dari tiga unta, empat ayat nilainya lebih baik dari empat unta, sebanyak ayat, sebanyak itu pulalah untanya."
Dari Abu Huroiroh bahwa Rosulullah saw bersabda : " Kaum yang berkumpul di (masjid) salah satu di antara rumah-rumah Allah, mereka membaca alqur-an, mereka mengkajinya, maka sakinah (ketentraman) akan turun kepada mereka, rahmat dilimpahkan kepada mereka, malaikat-malaikat mengelilingi mereka, dan Allah sebutkan mereka di tengah-tengah malaikat yang berada di sisi-Nya. Barangsiapa yang amalnya lambat, tidak bisa dipercepat dengan nasab keturunannya."

0 komentar:

Posting Komentar